Mengenai Pengarang: H.Muh.Syafi'i Antonio M.Ec



Dr. Muhammad Syafii Antonio, M.Ec

Antonio (Nio Gwan Chung) lahir di Sukabumi 12 Mei 1967 dari Pasangan Liem Soen Nio dan Nio Sem Nyau seorang Shinse dan Biksu Budha Tridharma.

Lulus dari Fakultas Syariah University of Jordan (S1) Program Islamic Studies Al-Azhar Cairo, Master of Economics International Islamic University Malaysia (S2), University of Melbourne (S3) dan melakukan visiting research di Oxford University.

Saat ini menjadi Komisaris dan Dewan Pengawas di Bank Syariah Mega Indonesia, Bank Syariah Mandiri, Takaful, Bank Export Indonesia dan PNM.

Beliau juga memimpin Batasa Tazkia Consulting, STEI Tazkia dan diamanati sebagai Komite Ahli Bank Indonesia. Tahun 2006, beliau diangkat Perdana Menteri Malaysia sebagai Shariah Advisory Council Bank Central Malaysia.

Beliau telah menulis 10 buah buku tentang Perbankan, Leadership dan Manajemen. Atas kiprahnya, beliau dianugerahi “Syariah Award” oleh MUI, BMI dan Bank Indonesia.

-----------------------------------------------------------------------------------
Oleh Edy Supriatna Sjafei

Nabi Muhammad SAW memang sangat pantas menjadi sosok idola yang bisa diteladani oleh setiap manusia di mana pun berada, apa pun profesinya.

Inilah kelebihan Nabi Muhammad SAW karena Allah sendiri dengan jelas menyatakan dalam firman-Nya bahwa terdapat suri tauladan yang baik dalam diri Rasulullah SAW. Siapa pun, jika ingin sukses dunia akhirat, contohlah Rasulullah, karena Rasulullah adalah diibaratkan sebagai "Al Qur`an hidup".

Panduan Muslim Al Quran yang merupakan firman Allah dan penerapan Al Quran dalam kehidupan sehari-hari dapat dilihat dari kepribadian Rasulullah SAW.

Al Quran Surat Al Ahzab ayat 21, Allah SWT berfirman, "Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah".

Di ayat lainnya, Surat Al Anbiya ayat 107, Allah juga berfirman, "Dan tiadalah kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam".

Di sisi lain, perjalanan hidup nabi Muhammad SAW tak ubahnya samudra luas yang tak bertepi. Dalam dirinya terpancar "wisdom" dan hikmah yang seolah tak mungkin bisa dihitung. Hampir semua spektrum kehidupannya dari mulai pribadi, keluarga dan masyarakat merupakan suri tauladan, bagi umat muslim khususnya.

Dan keteladanan ini juga ditemukan dalam aspek bisnis, militer, budaya, dakwah, kesejahteraan, sosial politik serta hukum dan pendidikan. Nabi Muhammad saw senantiasa berusaha memelihara dan meningkatkan kesehatan, kebersihan dan keindahan tubuhnya secara Islami.

Dalam hubungannya dengan sesama manusia Nabi Muhammad SAW senantiasa membiasakan diri dengan akhlak terpuji dan menjauhkan diri dari akhlak tercela serta giat beramal saleh yang bermanfaat bagi orang banyak.

Mengangkat fakta Berdasarkan fakta-fakta tersebut, Nio Gwan Chung atau yang lebih dikenal dengan Dr Muhammad Syafii Antonio MSc, pada akhir Januari 2011 di Jakarta, meluncurkan ensiklopedia berjudul "Eksiklopedia Leadership & Manajemen Muhammad SAW: The Super Leader Super Manager".

Syafii Antonio yang juga dikenal sebagai pakar ekonomi syariah itu merangkai dan menuangkan ketauladanan nabi Muhammad SAW dalam satu set ensiklopedia yang terdiri dari delapan buku (volume).

Dengan diluncurkannya ensiklopedia ini berarti Syafii Antonio telah "melahirkan" sebanyak 21 buku. Sebelumnya ekonom kelahiran Sukabumi, Jawa Barat, 12 Mei 1967 itu telah menulis 13 buku.

"Target pembaca buku ini adalah setiap insan yang mencintai Rasulullah SAW dan ingin lebih dalam mengenal dimensi kepemimpinan dan manajemen Rasul," kata Doktor Banking Micro Finance dari University of Melbourne itu.

Selain dapat meneladani kepemimpinan Rasulullah, Menurut Syafii Antonio, salah satu tujuan diluncurkannya buku tersebut juga disebabkan masih sangat terbatasnya literatur yang menggali dimensi kepemimpinan dan manajemen dengan kaca mata analisa tematis dan modern.

"Dalam arti dipandang dari sudut ilmu manajemen modern dan suasana modern," kata pimpinan Tazkia Group itu.

Untuk mendukung tujuan tersebut, maka bentuk fisik ensiklopedia yang digarap selama satu tahun ini dikemas mewah. Hard cover dengan desain lukisan bernuansa Dinasti Ottoman Turki dan Mughal India, sedangkan isi setiap volume penuh sentuhan modern yang kaya dengan gambar, lukisan, photo sketsa, inboks dan full color.

"Dengan keindahan desain diharapkan proses membaca menjadi fun dan menyenangkan," tambah Syafii Antonio.

"Ensiklopedia Leadership & Manajemen Muhammad SAW: Super Leader Super Manager" merupakan syarah atau tafsir dari buku yang pernah ditulis Syafii Antonio sebelumnya yang berjudul "Muhammad SAW, The Super Leader Super Manager" yang dirilis pada tahun 2007.

"Buku tersebut merupakan induk, sementara ensiklopedia ini adalah syarah atau tafsirnya," kata Syafii Antonio.

Dengan kata lain, buku ensiklopedia setebal 250 halaman itu dilengkapi dengan tambahan diagram rujukan sketsa dan data-data sejarah serta demografi lainnya.

Seperti layaknya sebuah ensiklopedia yang sifatnya luas, maka dalam satu set ensiklopedia memaparkan berbagai spektrum kehidupan dan perjuangan Rasulullah.

Ada delapan spektrum yang dikaji dalam buku itu yakni pengembangan diri, bisnis dan kewirausahaan, dakwah, keluarga, sosial politik, pendidikan, hukum, serta militer.

Dengan membaca Ensiklopedia ini, umat muslim khususnya diharapkan bisa lebih mengenal dan meneladani Rasulullah. Alhasil, hal ini akan membawa kehidupan positif bagi negara dan bangsa.

Ikon keuangan Dr.Muhammad Syafii Antonio,MEc (Nio Gwan Chung) adalah salah satu ikon keuangan dan perbankan syariah di Indonesia. Ia juga mendapat amanat sebagai Ketua Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) TAZKIA.

Ia menyelesaikan program doktoral dalam Micro Finance dari University of Melbourne (2004), Master of Economics dari International Islamic University, Malaysia (1992) dan lulus sebagai sarjana syariah dari University of Jordan (1990).

Di samping itu Antonio telah melakukan visiting research di Al-Azhar University Cairo dan Oxford University, Inggris.

Melalui Batasa Tazkia Consulting, Antonio telah membantu penumbuhan lebih dari 14 Unit Usaha Perbankan Syariah dan 7 asuransi syariah serta melatih lebih dari 10,000 praktisi keuangan.

Antonio juga memimpin Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Tazkia dengan jumlah murid sekitar 1100 Mahasiswa dan 100 dosen serta civitas akademik. Melalui Tazkia Publishing dan Tazkia Book Network, Antonio telah menerbitkan 21 buku dan ensiklopedia tentang Perbankan Syariah, Leadership dan Manajemen.

Saat ini Antonio juga sebagai anggota Komite Perbankan Syariah pada Bank Indonesia, Shariah Advisory Council Bank Sentral Malaysia, serta Global Shariah Board al-Mawarid DUBAI. Antonio juga duduk sebagai Advisor/Dewan Pengawas di Bank Syariah Mandiri, Takaful, Bank Mega Syariah, Schroders Investment Manager dan PNM.

Pada tahun 2010, berdasarkan KEPPRES no 30/2010 Antonio diangkat Presiden RI sebagai anggota KEN (Komite Ekonomi Nasional) suatu Badan Khusus yang bertugas memberikan rekomendasi kebijakan ekonomi nasional kepada Presiden.

KEN diketuai oleh pengusaha Nasional Chairul Tanjung dengan anggota antara lain James Ryadi, TP Rachmat, Hartati Murdaya, Sandiaga Uno, Erwin Aksa, Chatib Basri, Raden Pardede dan Aviliani.

Untuk memudahkan koordinasi kegiatannya Antonio mendirikan Andalusia Islamic Center (AIC). Suatu oase intelektual, spiritual dan komersial seluar 25,000 meter di Sentul City. AIC meliputi kampus STEI TAZKIA, Masjid Andalusia, Multi Function Hall al Hambra, Andalusia Muallaf Center dan Andalusia Commercial Center.

Atas kiprahnya Antonio dianugrahi "Syariah Award" oleh Bank Indonesia, MUI dan Bank Muamalat (2003), Anticorruption & Good Governance Award dari Kementrian Aparatur Negara (2007), Arab Asia Finance Recognition Award dari Arab Asia Finance Forum (2008) dan Australian Alumni Award dari Pemerintah Australia (2009).

Antonio adalah penerima Best Islamic Book (IBF Award, 2009), juga dipromosikan oleh Departemen Keuangan RI sebagai nominator IDB Prize dari Indonesia. (kompas.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar